Selasa, 01 Februari 2011

Menjadi guru yang professional,kenapa tidak???

Guru –guru di era sekarang banyak yang hanya mengangap pekerjaan mereka hanya sebatas mengajar di depan kelas,membahas semua topik dari A-Z dan tidak mempedulikan muridnya mengerti atau tidak. Mereka mengangap hanya itu lah tugas mereka. Dan di awal bulan adalah hari yang paling membahagiakan buat mereka karena mereka menerima gaji yang banyak kurang banyak mereka terima. Ditambah lagi dengan program pemerintah yang baru yaitu tunjangan professional  sertifikasi guru yang justru membuat mereka mengabaikan tugas mereka sebagai tenaga pendidik,mereka lebih mementingkan bagaimana supaya mereka mendapatkan tunjangan profesi itu Tapi, apakah itu saja yang dilakukan oleh seorang guru?bagaimana nasib generasi-generasi muda yang akan melanjutkan mereka?
Menjadi guru yang efektif tidak susah asalkan ada kemauan untuk menyelamatkan anak bangsa. Menjadi guru yang efektif tidak hanya memahami materi yang mereka bawakan. Tetapi menjadi guru yang efektif harus mampu memahami muridnya,memotivasi mereka dan mengerti apa maunya.
 Berikut ini adalah hal-hal yang hurus dimiliki oleh seorang guru. Seorang guru yang efektif harus :
·         Penguasaan materi pelajaran
Guru yang efektif harus berpengetahuan,fleksibel,memahami materinya. Memahami materi bukan hanya istilah-istilah,fakta-fakta,dll. Tetapi,harus mampu juga mengoptimalkan  dasar-dasar pengorganisasian materi dan mengaitkan materi yang satu  kepada materi yang lain.
·         Strategi pengajaran                                                                                                                 Setiap guru memiliki strategi pembelajaran yang berbeda-beda. Ada yang melakukan pendekatan pembelajaran dengan menekankan agar muridnya secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan. Namun masih ada juga yang melakukannya dengan mengarahkan dan mengontrol cara belajar anak.
·         Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruktusional
Guru tidak hanya sekedar mengajar di kelas,mereka harus menetukan tujuan pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu dan membut agar pelajaran bias menantang sekaligus menarik.
·         Keahlian manajemen kelas
Guru yang efektif adalah guru yang mampu mengontrol kelas tetap kondusif dan menjaga kelas tetap aktif.
·         Keahlian motivasional
Seorang guru harus mempunyai strategi yang baik untuk memotivasi muridnya. Guru yang efektif tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya.
·         Keahlian komunikasi
Guru yang efektif memerlukan keahlian dalam berbicara,mendengar,memahahi bahasa verbal dan nonverbal dari murid dan mampu memecahkan masalah secara konstruktif serta tidak terlalu banyak mengkritik.
·         Bekeja secara efektif dengan murid dari latar belakan cultural yang berlainan
 Guru yang efektif menanamkan sikap saling menerima untuk menjalin hubungan positif dengan murid-murid yang berlatar belakangkan kultur berbeda.
·         Keahlian teknologi
Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan menintegrasikan komputer ke dalam proses belajar . Integrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan murid termasuk untuk mencari pekerjaan di masa dapan.

Menjadi guru yang efektif tidak susah,ayo guru-guru Indonesia mari membantu anak-anak Indonesia agar mereka bisa menggantikan kalian kelak di masa depan.
DAFTAR PUSTAKA
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

0 komentar:

Posting Komentar