Senin, 24 September 2012

Pengalaman Belajar Memasak


Dulu ketika pertama sekali mendapatkan kesempatan memasak untuk diri sendiri yang pertama sekali saya coba adalah memasak mie instan. Hal ini saya lakukan dikarenakan memasak mie instan lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan memasak yang lain seperti menanak nasi,masak sayur,atau yang lainnya. Ketika pertama sekali memasak mie instan yang saya lakukan adalah merebus air sekaligus memasukkan mie ke dalamnya beserta bumbunya yang dimasak dengan air yang sangat banyak. Hasilnya adalah mie terasa keras,tidak ada rasa,sehingga akhirnya dibuang.
Seiring berjalannya waktu,saya mulai belajar dari lingkungan sekitar saya, baik itu dari Ibu maupun dari media televisi. Saya mulai belajar setahap demi setahap bagaimana cara memasak yang benar. Hingga akhirnya masakan mie instan saya termasuk hal yang diminati dirumah.
Hal yang menyebabkan saya mahir dalam memasak dikarenakan saya melakukannya secara berulang-ulang. Saya belajar dari pengalaman memasak sebelumnya, hal apa yang baik untuk dilakukan dan mana yang harus dibenahi. Selain itu,saya juga belajar dari lingkungan saya,yaitu dengan memperhatikan orang lain ketika memasak. Inilah yang disebut Gagne sebagai proses belajar,yaitu perubahan yang terjadi bukan hanya dipengaruhi oleh perkembangan tetapi juga karena dilakukan secar terus-menerus ditambah dengan adanya stimulus dari lingkungan.
Ada lima variasi belajar yang dianggap Gagne memenuhi kriteria,yang saya lakukan adalah jenis belajar keterampilan intelektual. Yang termasuk keterampilan intelektual adalah membedakan, mengkombinasikan, mentabulasikan, mengklarifikasikan, menganalisa, dan mengkuantifikasikan objek, kejadian, dan simbol-simbol lain (Gagne,1977a,h.27). Ketika  memasak saya akan belajar dua bungkus bumbu mie instan akan terasa asin sekali ketika saya memasaknya dengan sedikit air atau tidak akan terasa jika saya memasak lima bungkus. Dari hal ini saya belajar membedakan penggunaan bumbu, mengklarifikasi, menganalisa takaran supaya bumbunya terasa pas untuk masakan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar