Menurut
saya,stimulus yang dimaksudkan untuk memunculkan perilaku sesuai dengan teori
belajar yang dikemukakan oleh Skinner
bukan terletak pada kertas-kertas yang diberikan, kertas-kertas yang diberikan
hanya menjadi stimulus untuk menciptakan sebuah produk, melainkan pada instruksi akan memberikan hadiah kepada
mahasiswa yang menghasilkan produk yang terbaik.
Thorndike
telah mengidentifikasi tiga komponen penting dari perubahan perilaku,yakni :
kesempatan dimana perilaku terjadi;perilaku itu sendiri; dan konsekuensi dari
perilaku itu sendiri (Skinner,1953;1968b,h.4). Dalam hal ini,pemberian
penguatan sangat memungkinkan untuk mengubah perilaku karena diberikan dalam
konteks pendidikan, perilaku itu merupakan hal yang menyenangkan dan
konsekuensinya akan mendapatkan hadiah.
Menjanjikan akan memberikan hadiah apabila perilaku
yang diinginkan muncul adalah sebuah reinforcement (penguatan). Penguat akan menjadi lebih efektif apabila
terjadi seketika bersamaan dengan perilaku itu sendiri. Penguat bersifat
menyatu pada pelaksanan perilaku tertentu. Setelah mengevaluasi hasil kerja
mahasiswa, pengajar langsung memberikan hadia (penguat) kepada mahasiswa yang
terbaik. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga supaya frekuensi respon menetap.
Jika penguat terlambat diberikan,maka perilaku yang kita inginkan lambat laun
akan menghilang (extinction).
1 komentar:
bagus Fauji, sayang tata tulisnya terabaikan...:)
Posting Komentar